ASIK, Kembang Goyang Khas Betawi


Betawi atau sekarang yang lebih di kenal jakarta sebenarnya mempunyai keanekaragaman kuliner yang luar biasa. Jika sebelumya pernah saya angkat kerak telor, ketoprakgabus pucung dan kue rangi, maka sekarang akan saya coba angkat jajanan khas betawi lainnya, Namanya adalah kembang goyang.Sama seperti kuliner khas jakarta lainnya jajanan ini juga sudah mulai jarang ditemui. Padahal rasanya yang gurih cukup menarik untuk dijadikan sebagai teman minum teh. Tidak percaya? Coba cari snack tersebut di pasar, lalu jadikan teman minum teh.

Bagi yang tinggal di Bali dan Lomok kue ini masih bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional. Kenapa??? Yah…karena pemeluk agama Hindu selalu menggunakan kue kembang goyang ini sebagai isian banten atau sesaji pada hari raya. Dan selain di bali dan lombok, sepertimya kembang goyang juga terdapat di jawa tetapi dengan nama yang berbeda dan biasa akan kita temukan di desa-desa saat ada acara pernikahan.

Karena sekarang susah menemukannya di pasar (terutama di jakarta), maka Anda dapat membuat sendiri. Siapkan tepung beras, gula, telur, santan, minyak goreng, dan cetakan kembang goyang. Kocok telur dan gula hingga lembut.Masukkan tepung dan santan. Adukaduk hingga tercampur dan adonan licin. Lalu, panaskan minyak di wajan. Celupkan cetakan kembang goyang ke minyak panas hingga panas. Celupkan cetakan ke adonan. Celup lagi cetakan ke minyak panas. Setelah itu goyang-goyangkan hingga adonan lepas.

Kue kembang goyang merupakan salah satu camilan khas Betawi yang sudah mulai dilupakan orang. Padahal kue ini rasanya enak dengan campuran gurih, manis, dan renyah. Biasanya kembang goyang dibuat masyarakat Betawi saat lebaran atau pesta. Namun camilan ini juga enak dijadikan teman minum teh atau kopi di sore hari.

Selain bahan pembuatnya yang terdiri dari tepung beras, gula, telur, santan dan minyak goreng. Satu lagi yang terpenting dalam pembuatan kue ini adalah cetakan kembang goyang. Cetakan tersebut biasanya terbuat dari bahan alumunium berbentuk kembang dan gagang yang terbuat dari kayu panjang.

Fungsi cetakan kembang goyang adalah untuk membuat adonan berbentuk kembang. Caranya cukup sederhana, sebelum digunakan celupkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak yang panas. Lalu angkat dan celupkan ke dalam adonan yang sudah jadi dan taruh kembali ke dalam minyak panas. Nah, fungsi gagang kayu inilah yang digunakan untuk menggoyang-goyangkan adonan hingga terlepas dari cetakan.Cetakan kembang goyang kini banyak dijumpai di berbagai toko bahan kue. Harganya pun tak mahal dan dijual dalam berbagai ukuran kecil, sedang, atau besar.



Sumber : duniakuliner.info


@IndonesiAsik

0 comments:

Post a Comment