ASIK! 14 Agustus = HARI PRAMUKA


cianjurcybercity.com

14 Agustus dirayakan tiap tahun sebagai Hari Pramuka oleh bangsa Indonesia,..

Dan sejak SD hingga SMA (14-24thn yll.) aku menjadi anggota Pramuka aktif sejak SD (kelas 1 s.d 6), SMP (kelas 1 s,d 4) hingga SMA (kelas 1-3).  Ketika kuliah, aku tidak bergabung menjadi Pramuka, karena aku tertarik dengan extrakurikuler yang lainnya.

Terus terang banyak sekali manfaat yang aku peroleh dari kegiatan Pramuka saat itu, mulai dari tali-temali, P3K, pengenalan sandi, sempahore, morse, bahkan keterampilan memasak (yg aku dapat dari kebiasaan memasak di perkemahan), serta keberanian diri (gimana tidak, latihan pramuka kan menyeberangi sungai hanya dengan seutas tali), hingga kepekaan diri terhadap masyarakat.

Namun sekarang apakah ada anak muda yang masih mencintai Pramuka dan melaksanakan kegiatan seperti jaman saya dulu???

Dulu, kami memasak ramai-ramai untuk makan kami sehari-hari di kemah, namun anak pramuka sekarang rasanya hanya pesan catering yang diantarkan ke tenda mereka.  Kalau anak sekarang masih berkenan tidur di tenda, itu sesuatu yang luar biasa, mengingat mereka sehari-hari tidur di springbed yang teramat nyaman.

Lalu dengan latihan keterampilan dan keberanian, kami telah mengenalnya sejak dulu, masih ingat ketika menyeberangi sungai hanya lewat seutas tali? Ternyata metode tersebut sekarang diadopsi oleh outbond.  Juga latihan ala militer, merayap dibawah tali, ternyata sekali lagi metode tersebut diadopsi oleh outbond saat ini.

Intinya, aku merasakan maanfaat ikut Pramuka jauh sebelum ada outbond marak.  Lalu kenapa kita tidak kembali aja menggalakkan Pramuka kita menjadi pendidikan yang multidisipliner, serta multitalenta.  Bagaimana tidak, di Pramuka tersebut kita mengenal berbagai kecakapan, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak bahkan Pandega.  Semuanya mempunyai kecakapan yang berbeda dan punya kriteria yang berbeda, namun kesemuanya dapat dipertanggungjawabkan karena ada standar baku seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Jambore pun diselenggarakan mulai dari Kecamatan (Kwartir Ranting), Kabupaten (Kwartir Cabang), Propinsi (kwartir Daerah), hingga Nasional. Di dalam jambore tersbut diselenggarakan berbagai acara dan perlombaan, mulai dari ketangkasan hingga kesenian.

Sekali lagi, ternyata banyak sekali manfaat mengikuti kegiatan Pramuka, apalagi bagi anak dan remaja usia produktif, mari kita galakkan kembali keberaadaan Pramuka,..
Salam Pramuka,..!!!

Sumber : edukasi.kompasiana.com


0 comments:

Post a Comment