ASIK! Keajaiban Selembar Uang Rp 5.000,-


Ingatkah Kamu dengan uang kertas pecahan Rp 5.000,- yang beredar di era 90-an? 

Mungkin banyak dari generasi muda kita yang tidak pernah melihatnya, padahal desain uang kertas ini menampilkan salah satu keajaiban Indonesia yang tiada lawannya. Uang kertas ini menampilkan gambar pemandangan formasi tiga danau unik di pegunungan dengan warna yang berbeda-beda, ada yang hijau, biru, dan merah. Sekilas seperti tidak masuk akal, namun itulah Danau Kelimutu yang fenomenal. 
Ketika fajar menyingsing, dimulailah petualangan pandang yang terasa sangat asing. Formasi danau 3 warna fenomenal yang agak tidak rasional. Sebenarnya Danau Kelimutu adalah kawah aktif gunung berapi Kelimutu. Warna hijau, merah, dan biru merupakan akibat dari aktifitas vulkanis yang terjadi terus-menerus, sehingga warna ketiga danau tersebut berubah sesuai dengan suhu air di dalam kawah.
Masyarakat setempat mempercayai bahwa Danau Kelimutu menjadi tempat tinggal bagi roh-roh manusia yang telah meninggal. Mereka memberi nama untuk masing-masing danau, dengan fungsi yang berbeda-beda pada tiap danaunya.
  • Tiwu Ata Polo => Luas = 4 ha; Kedalaman = 64 meter.
Warnanya sering berubah-ubah dari merah menjadi biru kehijauan. Masyarakat setempat percaya bahwa danau ini menjadi persemayaman arwah manusia yang selama hidupnya melakukan kejahatan sihir.
  • Tiwu Nuamuri Koofai => Luas = 5,5 ha; Kedalaman = 127 meter
Warnanya hampir sama dengan Tiwu Ata Polo. Danau ini merupakan tempat tinggal arwah orang muda yang sudah meninggal dunia.
  • Tiwu Ata Mbupu => Luas = 4.5 ha; Kedalaman = 67 meter
Warna danau ini hijau kehitam-hitaman. Tempat ini dipercaya masyarakat sebagai tempat tinggal arwah orang tua yang sudah meninggal. 
Pesona keajaiban tiga warna Danau Kelimutu merupakan daya tarik utama wisata di kota Ende, Flores. Banyak wisatawan asing yang penasaran dan ingin melihat dari dekat keindahan keindahan danau ajaib tersebut. Danau Kelimutu telah dikenal sampai ke benua Eropa sejak zaman kolonialisme Belanda. Potensi wisatanya juga menjadi penggerak laju perekonomian masyarakat sekitar.
Penasaran? Jadikanlah Danau Kelimutu sebagai salah satu destinasi wisatamu! Masih banyak keindahan yang tersimpan di tanah impian. Sebagai orang Indonesia, seharusnya kita bersyukur dan bangga karena tak perlu melintasi benua untuk menikmati indahnya keajaiban alam yang mendunia. Ayo kita buat Indonesia bangga dengan melestarikan bersama keindahan alam Indonesia yang mengagumkan!
Sumber: banggaindonesia.com

0 comments:

Post a Comment