Es Kopi Luwak, Minuman ASIK Khas Berbuka Puasa Kabupaten Lampung Barat



Kopi Luwak adalah kopi yang diproduksi dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan binatang bernama luwak. Dan luwak adalah sejenis musang, karenanya biasa dikatakan musang luwak. Dia senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak, termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Agar halal untuk dikonsumsi, maka biji kopi tersebut harus disucikan terlebih dahulu. Setelah suci, maka biji kopi tersebut siap untuk diproses menjadi kopi luwak.


Es kopi luwak adalah minuman khas berbuka puasa di Kabupaten Lampung Barat. Es kopi luwak menjadi minuman baru saat berbuka puasa, kopi yang dijadikan minuman es, memiliki rasa yang nikmat, selain itu dapat membantu untuk mengembalikan stamina setelah puasa. Kopi luwak dengan campuran es yang dihaluskan memiliki kekhasan tersendiri. Es kopi luwak lebih nikmat dan mungkin berkhasiat bila ditambah madu.



Lampung Barat menjadi daerah penghasil kopi luwak. Bahkan, mutunya terbaik di dunia. Dengan potensi itu, kabupaten tersebut dapat menjadi daerah penghasil kopi luwak terbesar untuk skala nasional.

*Sebagai informasi:
Harga kopi bubuk luwak mencapai Rp 750.000 per kilogram, sedangkan harga kopi luwak gelondong atau yang masih berbentuk bulatan mencapai Rp 200.000 per kilogram. Selain itu, tersedia juga kemasan ekonomis dengan harga terjangkau, mencapai Rp 30.000 per bungkus.


Sumber : kaskus.co.id


0 comments:

Post a Comment